Home » » » Cara Daftar, Login dan Isi Biodata di Aplikasi Dapotendik

Cara Daftar, Login dan Isi Biodata di Aplikasi Dapotendik

Aplikasi Dapotendik merupakan aplikasi yang diterbitkan Sub Direktorat Kinerja dan Pengembangan Karir Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Aplikasi Dapotendik wajib diisi oleh tenaga pendidik yang memegang tugas tambahan sebagai Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, Tenaga Perpustakaan, Kepala Laboratorium, Teknisi Laboratorium, Laboran, dan Tenaga Administrasi sekolah.

Ada 3 tahap menggunakan Aplikasi Dapotendik, yaitu: Registrasi, Login, dan Pengisian Biodata Tendik. Berikut langkah-langkahnya:

Cara Resistrasi Aplikasi Dapotendik


Masuk ke laman http://dapotendik.tendikdikdasmen.net

Beranda Aplikasi Dapotendik

Pada menu kanan atas, klik "Masuk"

Login Dapotendik

Anda belum bisa login karena belum daftar, maka klik "Belum Punya Akun? Daftar Sekarang"

Registrasi Aplikasi Dapotendik

Masukkan Token, pilih Tendik dan isi Kode Captcha, selanjutnya klik "Submit" Jika belum tau Token, silahkan Download Token. Jika berhasil, Anda akan masuk ke laman Pendaftaran Akun, seperti berikt ini:

Pendaftaran Aplikasi Dapotendik

Isi Form tersedia secara lengkap. Ingat dan jika perlu catat Usename dan Password yang Anda Masukkan. Ini diperlukan untuk tiap kali Anda login.

Cara Login Aplikasi Dapotendik


Masuk ke laman http://dapotendik.tendikdikdasmen.net

Login Dapotendik

Masukan "Usename" dan "Password" yang sudah di buat pada saat pendaftaran, dan klik "Login"

Jika berhasil, Anda berada di Beranda Aplikasi Dapotendik, dan lanjutkan melengkapi Biodata Tendik

Cara Pengisian Biodata Tendik (Kepala Sekolah)


Biodata Tendik untuk kepala sekolah memuat 19 menu, terdiri dari:

  1. Profil. Profil memuat Identitas Sekolah, memuat: Nama Sekolah (telah terisisi); Identitas Tenaga Kependidikan, memuat: Nama, NIK/No. Passport, Jenis kelamin*, Tempat lahir, Tanggal lahir, Nama Ibu Kandung, dan Photo; Account login, memuat: Password dan Retype Password; Data Pribadi, memuat: Alamat jalan, RT, RW, Nama Dusun, Desa/kelurahan, Kode POS, Agama* (Pilih salah satu: Islam, Keristen , Katolik, Hindu, Buddha atau Konghuchu), Status nikah* (Pilih salah satu: Belum Nikah, Nikah, Janda atau Duda), Nama suami/istri, NIP Suami/Istri, Isikan NIP Suami/Istri, Pekerjaan suami/Istri, NPWP, Nama Wajib Pajak, dan Kewarganegaraan; Status Kepegawaian, memuat: NIP, NIY/NIGK, NUPTK, SK Pengangkatan, Isikan SK Pengangkatan, TMT Pengangkatan, Lembaga Pengangkat, SK CPNS, TMT CPNS, TMT PNS, Pangkat/Golongan, dan Sumber gaji; Kompetensi khusus, memuat: Punya lisensi kepala sekolah (Pilih: Ya atau Tidak), Mampu menangani kebutuhan khusus (Pilih: Ya atau Tidak), dan Keahlian BraileKeahlian Bhs. Isyarat (Pilih: Ya atau Tidak); Kontak, memuat: No. Telp tumah, No. Hp, Email*, Bank (Pilih salah satu nama bank: BCA, BNI, BPD, BRI, BTN, Lainnya, Mandiri atau Niaga), No. Rekening Bank dan Rekening atas nama. NB: *(wajib diisi)
  2. Anak. Isi dengan data anak semuanya, memuat: Nama Anak, Status, Jenjang Pendidikan, NISN, Jenis kelamin, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, dan Tahun Masuk.
  3. Beasiswa. Isi dengan Beasiswa yang pernah diterima, memuat: No, Jenis Beasiswa, Keterangan, Tahun Mulai, Tahun Akhir, dan Masih Menerima.
  4. Buku yang Pernah Ditulis. Isi dengan buku yang pernah ditulis dan diterbitkan, memuat: No, Jenis buku, Tahun Penerbit, dan ISBN.
  5. Diklat. Isi dengan diklat/pelatihan yang pernah diikuti, memuat: No, Jenis Diklat, Nama Diklat, Penyelenggara, Tahun, Peran, Tingkat, Jumlah Jam, dan Sertifikat Diklat.
  6. Karya Tulis.Isi dengan karya tulis yang pernah dibuat dan dipublikasikan, memuat: No, Judul, Tahun, Pembuatan, Publikasi, Keterangan, dan Url Publikasi.
  7. Kesejahteraan. Isi dengan kesejahteraan yang pernah didapatkan, memuat: No, Jenis Kesejahteraan, Nama, Penyelenggara, Dari Tahun, Sampai Tahun, dan Status.
  8. Tunjangan. Isi dengan tunjangan yang diterima misalnya Tunjangan Profesi, memuat: No, Jenis Tunjangan, Nama Tunjangan, Instansi, SK Tunjangan, Tangal SK, Semester, Sumber Dana, Tahun Mulai, Tahun Selesai, Nominal, dan Status.
  9. Tugas Tambahan. Isi dengan Tugas Tambahan misalnya kepala sekolah atau pengawas, memuat: No, Jabatan, SK Jabatan (Struktural/ Fungsional), TMT SK, dan TST TSK.
  10. Pangkat Impassing Non PNS. Isi dengan Pangkat Impassing Non PNS, memuat: No, Pangkat/Golongan, No. SK, Tanggal. SK, TMT, Angka kredit, Masa kerja (tahun), dan Masa kerja (bulan).
  11. Riwayat Penghargaan. Isi dengan Riwayat Penghargaan yang pernah diproleh, memuat: No, Tingkat Penghargaan, Jenis Penghargaan, Nama, Tahun, dan Instansi.
  12. Nilai Tes. Isi dengan Nilai Tes misalnya nilai UKG yang pernah diikuti, memuat: No, Jenis Tes, Nama, Penyelenggara, Tahun, Skor, dan Nomor peserta.
  13. Riwayat Gaji Berkala. Isi dengan seluruh Riwayat Gaji Berkala (biasanya dikeluarkan tiap 2 tahun), memuat: No, Pangkat/Golongan, No. SK, Tanggal. SK, TMT, Masa kerja (tahun), Masa kerja (bulan), dan Gaji Pokok.
  14. Riwayat Pekerjaan. Isi dengan Riwayat Pekerjaan dari SK Pertama sebagai Guru sampai SK terakhir, memuat: No, Jenjang Pendidikan, Jenis Lembaga, Status Kepegawaian, Jenis Tendik, Lembaga Pengangkat, SK Kerja, Tanggal SK, TMT SK, TST SK, Tempat Kerja, TTD SK Kerja, dan Mapel yang diajarkan.
  15. Riwayat Jabatan PTK. Isi dengan Riwayat Jabatan PTK, memuat: No, SK Jabatan (Struktural/Fungsional), dan TMT SK.
  16. Riwayat Kepangkatan/Golongan. Isi dengan Riwayat Kepangkatan/Golongan dari SK CPNS sampai SK terakhir, memuat: No, Pangkat/Golongan, No. SK, Tanggal. SK, TMT, dan Masa kerja (tahun), dan Masa kerja (bulan).
  17. Riwayat Pendidikan. Isi dengan Riwayat Pendidikan dari jenjang pendidikan awal sampai pendidikan terakhir, memuat: No, Bidang Studi, Jenjang Pendidikan, Gelar Akademik, Satuan Pendidikan, Tahun Masuk, Tahun Lulus, NIM, Matakuliah, Semester, dan IPK.
  18. Riwayat Sertifikasi. Isi dengan Riwayat Sertifikasi, memuat: No, Jenis Sertifikasi, Nomor Sertifikasi, Tahun Sertifikasi (isi denagn TMT SK), Bidang Studi, NRG, dan Nomor Peserta.
  19. Riwayat Jabatan Fungsional. Isi dengan Jabatan Fungsional, memuat: No, Jabatan, SK Jabatan, dan TMT SK.

Mengingat pengisian data dilakukan melalui aplikasi secara online dan supaya data yang diimput benar dan akurat, siapkan semua dokumen pendudkung jika perlu tulis dulu secara offline misalnya di notepat.

Anda mungkin butuh bantuan, silahkan download file beriklut:


Token diatas berlalu untuk Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Tenaga Administrasi, Pustaka Sekolah, dan Laboratorium Sekolah.

loading...
loading...
Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah bersilaturahmi. Silahkan berkomentar sesuai isi tema bacaan. Tidak diperbolehkan promosi barang atau berjualan. Komentar yang disertai tautan link aktif dianggap spam

Alexa Site Stats