Download Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah untuk SD/SMP/SMA/SMK/SLB


Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah untuk SD/SMP/SMA/SMK/SLB

Literasi Sekolah dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Tujuan umum Literasi Sekolah adalah menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam Gerakan Literasi Sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat. Sedangkan tujuan khusus Literasi Sekolah adalah menumbuhkembangkan budaya literasi di sekolah, meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar literat, menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan, dan menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, salah satunya mengenai kegiatan membaca buku nonpelajaran selama lima belas menit sebelum waktu belajar dimulai. Kegiatan tersebut adalah upaya menumbuhkan kecintaan membaca kepada peserta didik dan pengalaman belajar yang menyenangkan sekaligus merangsang imajinasi. Sebagai salah satu desain induk penumbuhan budi pekerti, Gerakan Literasi Sekolah perlu melibatkan para pemangku kepentingan secara terprogram dengan satu tujuan agar peserta didik, terutama di tingkat pendidikan dasar, menjadi insan berbudaya literasi.

Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah untuk SD/SMP/SMA/SMK/SLB yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dapat di download melalui link berikut:

  1. Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar (SD)
  2. Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP)
  3. Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA)
  4. Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
  5. Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB)
loading...

Informasi lain yang kami bagikan :

0 komentar: