Pendaftaran Ujian Nasional Tahun 2016 Melalui Dapodik


Pendaftaran calon peserta ujian nasional tahun 2016 akan menggunakan aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Demikian ketentuan yang termuat dalam Petunjuk Teknis Pendataan Peserta Ujian Nasional Tahun 2016.

Menu Data Peserta Didik yang terdapat dalam aplikasi Dapodik, akan menjadi rujukan dalam penyaringan calon peserta ujian nasional. Ketentuan ini berlaku bagi satuan pendidikan (baca: sekolah) mulai SMP, SMA, dan SMK.

Berangkat dari ketentuan tersebut, tiap satuan pendidikan diharapkan segera memeriksa kelengkapan dan kemutaakhiran data peserta didik. Di antara item data yang perlu diperiksa adalah identitas pribadi peserta didik, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan data orang tua peserta didik.

Verifikasi dan validasi data NISN bisa dilakukan melalui laman vervalpd.data.kemdikbud.go.id. Sementara itu, tahap verifikasi data peserta didik sebagai calon peserta ujian nasional dapat dilakukan di laman Manajemen UN dengan alamat sebagai berikut:

Tahap selanjutnya, tiap satuan pendidikan menyerahkan hasil verifikasi file data calon peserta ujian nasional tingkat akhir, kepada panitia ujian nasional yang berada di dinas pendidikan kabupaten/kota. Sementara panitia ujian nasional kabupaten/kota akan memproses file tersebut (mengirim) kepada panitia ujian nasional pusat melalui aplikasi BIO-UN untuk menjadi data peserta ujian nasional.

Alur Data Pendaftaran UN 2015

Untuk lebih jelas, Manual Aplikasi Pendaftaran Calon Peserta Ujian Nasional Tahun 2016 Berbasis Dapodik bisa diunduh di sini. Adapun Petunjuk Teknis Pendataan Peserta Ujian Nasional 2016 dapat diunduh di sini.

Tanggal 31 Desember2015, merupakan batas akhir pengisian Dapodik untuk pendaftaran calon peserta UN.
Jadwal

Jadwal Pendaftaran UN 2015

Sementara itu, untuk satuan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK/SLB) dan satuan pendidikan di bawah Kemenag tidak menggunakan prosedur di atas. Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) telah membuat prosedur tersendiri.

Untuk lebihnya, silahkan anda login web Manajemen UN dengan langkah sebagai berikut:


Login Manajemen Dapodik

  • Isi Username dan Password Dapodik sekolah serta Kode Registrasi, dan klik login.
  • Setelah berhasil login anda dibawa ke meenu beranda yang menampilkan data operator sekolah, seperti gambar berikut:

Manajemen Dapodik 2015

Pada Menu Beranda ditampilkan Informasi Pengguna (Data Operator Sekolah) dan lengkapi jika perlu.

Pada Menu Calon Peserta UN ditampilkan Daftar Calon Peserta Didik Ujian Nasional yang memuat submenu Pengaturan No Kursi, Unduh Peserta UN, Unduh Berita Acara dan Filter PD berdasarkan NISN (Semua PD, PD Memiliki NISN, PD Tidak Memiliki NISN). Siswa yang sudah memiliki NISN tampil dengan warna hitam, sedangkan siswa yang belum memiliki NISN akan ditampilkan dengan tulisan warna merah. Agar NISN terbaca, perlu dilakukan perbaikan pada vervalpd.

Demikian, semoga bermanfaat.
loading...

Informasi lain yang kami bagikan :

1 komentar:

Andiva Pramella mengatakan...

ass, pak kenapa saya tidak bisa login ke manajemen un nya yah? padahal saya sudah masukan email, pasword sama kode registrasinya. terima kasih