Cara Memunculkan NISN Siswa Baru dan Lama di Aplikasi Dapodik


Aplikasi Dapodik terbukti cukup canggih dalam membantu mengelola Data Sekolah, Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), dan Data Siswa. Aplikasi Dapodik sebagai sumber data menjadi referensi secara teringrasi untuk keperluan lain, misalnya sertifikasi guru, pengambilan data peserta UN dan sebagainya. Lihat posting sebelumnya Pendaftaran Ujian Nasional Tahun 2016 Melalui Dapodik.

Peran operator sekolah sangatlah penting yang mengentri data dari awal. Meskipun demikian peran kepala sekolah juga sangat penting sebagai penanggung jawab kebenaran dan kelengkapan data Dapodik.

Pesoalan yang kerap kali muncul, diantaranya data siswa tidak muncul di vervalpd atau siswa telah memiliki NISN di vervalpd, tetapi NISN tersebut tidak muncul di Aplikasi Dapodik sekolah. Bukan hanya siswa baru kelas 1 saja termasuk juga kelas 6 yang akan mengikuti ujian nasional, sehingga terkendala data tidak lengkap sebagai peserta UN. Untuk itulah melalui posting ini akan dijelaskan cara memunculkan NISN siswa baru dan lama di Aplikasi Dapodik Sekolah.

Siswa baru tidak perlu mendaftarkan NISN secara manual karena NISN sudah bisa didapatkan otomatis melalui aplikasi Dapodik. Tahapannya adalah operator sekolah menginput data kelas 1 baru kemudian melakukan syncronisasi agar data siswa tersebut masuk kedalam database vervalpd. Setelah nama-nama siswa baru sudah masuk dalam vervalpd (pada menu residu) langkah selanjutnya adalah mengeluarkan siswa baru tersebut agar masuk kedalam menu konfirmasi. Dalam menu konfirmasi ini nama-nama siswa baru tersebut dilakukan konfirmasi satu persatu agar masuk ke dalam menu referensi.

Pertanyaan yang sering muncul adalah: Saya sudah mengentri data siswa di Aplokasi Dapodik, sudah syncronisasi, sudah memperbaiki data di Residu, tetapi kenapa NISN tidak muncul di Aplikasi Dapodik sekolah saya? Contoh NISN yang tidak muncul di Aplikasi Dapodik sekolah adalah seperti gambar berikut:

NISN siswa kelas 1 tidak muncul di Aplokasi Dapodik


NISN siswa kelas 6 tidak muncul di Aplikasi Manajemen UN

Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa:
  1. (Gambar 1) NISN siswa kelas 1 tidak muncul di Aplikasi Dapodik Sekolah
  2. (Gambar 2) NISN siswa kelas 6 tidak muncul di Aplikasi Dapodik Sekolah
  3. (Gambar 3) NISN siswa kelas 6 tidak muncul di Aplikasi Manajemen UN

Penyebab NISN yang tidak muncul di Aplikasi Dapodik Sekolah dan Aplikasi Manajemen UN karena anda melewati satu langkah di vervalpd, yaitu mengkonfirmasi data siswa di menu "Konfirmasi Data" agar masuk ke dalam menu referensi.

Untuk mengatasinya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Langkah pertama Uninstall Aplikasi Dapodik Sekolah di laptop
  • Login operator sekolah di vervalpd
  • Buka menu "Konfirmasi Data", beri tanda centeng di kotak kecil pada kiri nama siswa yang akan di konfirmasi datanya
  • Klik "OK" pada bagian atas daftar siswa (siswa tersebut akan masuk ke menu referensi), seperti gambar berikut:

Konfirmasi Data di vervalpd

Konfirmasi Data di vervalpd

  • Tunggu sejenak, duduk santai sambil ngopi atau cemilan (5 menit cukuplah) atau sambil menunggu sebaiknya bersihkan cache dan riwayat browser anda
  • Langkah berikutnya unduh Aplikasi Dapodik terbaru dan jangan lupa unduh juga prefill aplikasi Dapodik menggunakan Koreg sekolah anda di dapo.dikdas
  • Kopikan prefil di folder prefill_dapodik (ingat nama foldernya frefill dan dapodik dipisahkan tanda andeskor)
  • Jalankan Aplikasi Dapodik untuk Install Ulang dan registrasi seperti biasa
  • Login ke Aplikasi Dapodik lihat hasilnya, seperti gambar berikut:

NISN siswa kelas 1 sudah muncul di Aplokasi Dapodik Sekolah

siswa kelas 6 sudah muncul di Aplokasi Dapodik Sekolah

NISN siswa kelas 6 sudah muncul di Aplikasi Manajemen UN

  1. (Gambar 1) NISN siswa kelas 1 sudah muncul di Aplikasi Dapodik Sekolah
  2. (Gambar 2) NISN siswa kelas 6 sudah muncul di Aplikasi Dapodik Sekolah
  3. (Gambar 3) NISN siswa kelas 6 sudah muncul di Aplikasi Manajemen UN

Contoh di atas dapat disimpulkan bahwa cara memunculkan NISN siswa baru dan lama di Aplokasi Dapodik dan di Aplikasi Manajemen UN dengan langkah-langkah men-Uninstal Aplokasi Dapodik - perbaikan data verpalpd - Instal Ulang Aplokasi Dapodik. Anda juga dapat mencobanya dengan tidak meng-Uninstal Aplokasi Dapodik, tetapi langsung perbaiki data di vervalpd dan kemudian lakukan sinkronisasi. Biasanya berhasil.

Demikianlah cara memunculkan NISN siswa baru dan lama di Aplokasi Dapodik dan di Aplikasi Manajemen UN, semoga bermanfaat.
loading...

Informasi lain yang kami bagikan :

0 komentar: