Sebanyak 3.015.315 Akan Mengikuti UKG Tahun 2015


Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan beberapa waktu lalu mengeluarkan surat edaran dirjen GTK Nomor 2825/B/PR/2015 tentang Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015. Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melakukan Uji Kompetensi Guru (UKG) kepada 3.015.315 orang guru diseluruh Indonesia. Uji Kompetensi Guru (UKG) akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Nopember 2015 secara online dan offline.

Tujuan diadakannya UKG

  1. Pemetaan kompetensi pedagogik dan profesional guru sesuai bidang mata pelajaran yang diampu.
  2. Pemenuhan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu rata-rata kompetensi guru tahun 2019 yang akan datang mencapaia angka 8.00 (delapan).

Dalam rangka pemetaan kompetensi pedagogik dan profesional guru sesuai bidang mata pelajaran yang diampu untuk 3.015.315 guru dan dalam rangka pemenuhan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu rata-rata kompetensi guru tahun 2019 yang akan datang mencapaia angka 8.00 (delapan). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) akan melaksanakan Uji Kompetensi Guru (UKG) terhadap 3.015.315 guru pada pertengahan bulan Nopember tahun 2015. Uji Kompetensi Guru ini akan dilaksanakan secara online bagi sekolah kabupaten/kota yang sudah siap dan secara offline bagi kabupaten/kota yang belum siap.

Perlu kami informasikan bahwa pada tahun 2012 telah dilaksanakan UKG online dan offline bagi guru dan kepala sekolah. Hasil dari UKG tersebut menunjukkan nilai rata-rata sebesar 4,7, sehingga kami berharap pada tahun 2015 kepada dinas pendidikan propinsi dan kabupaten/kota dapat memberikan motivasi kepada guru dan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensinya.

Selanjutnya untuk kelancaran pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) diperlukan peran aktif dari dinas pendidikan propinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia dalam membantu persiapan dan pelaksanaannya antara lain:

  1. Sosialisasi pelaksanaan UKG tahun 2015 kepada guru dan kepala sekolah.
  2. Penyiapan infrastruktur Tempat Uji Kompetensi (TUK).
  3. Persiapan pelaksanaan UKG secara nasional yang akan dikoordinasikan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) kemdikbud sekitar bulan September 2015.

loading...

Informasi lain yang kami bagikan :

0 komentar: