Jadwal UKG dan Tahapan Sertifikasi Guru Tahun 2014


Menjadi Guru Profesional adalah harapan semua guru di Indonesia saat ini. Dengan menjadi Guru Profesional, mereka berhak memperoleh tambahan gaji sebesar gaji pokok dengan syarat-syarat tertentu, salah satunya memiliki Sertifikat Pendidik. Untuk mendapatkan sertifikat pendidik perlu mengikuti proses sertifikasi guru dalam beberapa tahapan, mulai dari tahapan clossing date persiapan awal calon peserta Uji Kompetensi Guru (UKG), Pelaksanaan UKG, mengikuti proses sertifikasi dengan pola Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) ataupun pola Pendidikan Profesi Guru (PPG), sampai memperoleh sertifikat pendidik sebagai guru profesional.

Tahun 2014 ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali memanggil guru-guru yang belum meiliki sertifikat pendidik untuk mengikuti proses sertifikasi. Pola Sertifikasi Guru tahun ini tidak akan jauh berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya. Para guru dipersiapkan untuk mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) sebagai jalur utama Sertifikasi guru.

Verifikasi Data

Verifikasi Data adalah tahap awal persiapan pelaksanaan verifikasi calon peserta sertifikasi guru tahun 2014. Sumber data guru mengacu pada database NUPTK di alamat bpsdmpk.kemdikbud.go.id/padamu. Tahap verifikasi Data (Verifikasi data peserta UKG 2013 dan belum terdafatar sebagai peserta sertifikasi guru 2013 dan Verifikasi dan penambahan data calon peserta)

Persiapan dan Pelaksanaan UKG bagi Calon Baru
  • Pengumuman pelaksanaan UKG kepada seluruh calon peserta UKG 2014 tanggal 20 Februari 2014. Pengumuman akan dilakukan oleh Dinas pendidikan kota/kabupaten dan LPMP.
  • Pembagian kartu peserta akan dilaksanakan pada tanggal 20 s.d 22 Februari 2014. Setiap peserta wajib membawa kartu peserta ketika akan mengikuti UKG. Pemeriksaan identitas peserta ini akan dilakukan oleh pengawas ruangan UKG.
  • Pelaksanaan UKG secara online dilaksanakan pada tanggal 24 s.d 28 Februari 2014.
  • Pelaksanaan UKG secara offline/manual dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2014. Pelaksanaan secara manual/offline ini khusus bagi daerah-daerah tertentu yang infrastrukturnya tidak mendukung pelakasanaan UKG secara online.
  • Pemantauan dan Evaluasi akan langsung dilaksanakan oleh BPSDMPK PMP bersama Dinas pendidikan kabupaten/kota dan LPMP pada tanggal 25 s.d 28 Februari 2014.
  • 6. Pengolahan hasil UKG 2014 akan dilakukan oleh BPSDMPK PMP pada tanggal 2 s.d 5 Maret 2014.
  • Pengumuman hasil pelaksanaan UKG 2014 akan disampaikan langsung oleh BPSDMPK PMP melalui website pada tanggal 11 Maret 2014.

Evaluasi Calon Tidak Lulus PLPG 2013

Guru yang tidak lulus dalam PLPG tahun 2013 lalu, dipertimbangkan untuk diikutsertakan lagi menjadi peserta PLPG tahun 2014 bersama dengan peserta yang lulus UKG tahun 2014.

Tahap Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2014

Guru peserta secara bertahap dipanggil mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) pada LPTK yang telah ditunjuk sebagai penyelenggara PLPG. LPTK Penyelenggara PLPG tahun 2014.

Demikianlah, semoga informasi ini bermanfaat bagi para pendidik yang belum memiliki sertifikat pendidik dan para pendidik yang tidak lulus PLPG tahun 2013 lalu dan para pendidik yang akan akan mengikuti UKG tahun 2014, Terimakasih.
loading...

Informasi lain yang kami bagikan :

0 komentar: