Jadwal PLPG Rayon 115 Universitas Negeri Malang Tahun 2013


Universitas Negeri Malang adalah salah satu LPTK yang dipercaya menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), dengan jumlah peserta uang cukup banyak. Peserta PLPG tidak hanya berasal dari daerah Malang, tetapi juga berasal dari luar Malang dan Jawa Timur. Peserta PLPG dari luar Malang dan Jawa Timur adalah berasal dari Provinsi Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan.

Pada tahun 2013 ini, Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 115 Universitas Negeri Malang telah menyusun dan merencanakan PLPG dalam 9 tahap yang mulai dengan tahap 1 pada tanggal 26 Agustus 2013 . Untuk lebih jelas, berikut ini rencana pembagian tahapan pelaksanaannya.

TahapTanggal PLPG Bidang Studi/ Mata Pelajaran
126 Agustus – 4 September 2013Guru Kelas TK, Guru Kelas SD, Guru Kelas SLB, PKN SMP, Bahasa Inggris SD, Biologi SMA/SMK, Fisika SMA, Penjaskes SD, TIK SMP/SMK, Seni Budaya SD/SMP
25 September – 14 September 2013Guru Kelas TK, Guru Kelas SD, Guru Kelas SLB, Kewirausahaan SMA/SMK, Geografi SMA, Sejarah SMA/SMK, PKN SMA/SMK, Bahasa Inggris SD/SLB/SMP, Kimia SMA, Penjaskes SD, Tek. Komputer & Informasi (RPL + Multimedia + Animasi) SMP/SMA/SMK, Seni Budaya SMP
315 September – 24 September 2013Guru Kelas TK, Guru Kelas SD, Guru Kelas SLB, Pemasaran SMK, Akuntansi SMP, Bahasa Indonesia SMP, Bahasa Inggris SMP, Fisika SMK, Matematika SMP, Penjaskes SD, KKPI SMK, Seni Budaya SMP
425 September – 4 Oktober 2013Guru Kelas TK, Guru Kelas SD, Guru Kelas SLB, Administrasi Perkantoran SMK, Pemasaran SMK, Akuntansi SMA/SMK, Bahasa Arab SMA/SMK, Bahasa Inggris SMP, Bimb. Konseling SMP, Matematika SMA/SMK, Penjaskes SD/SLB, Tek. Elektronika (Tek.Elektronika Industri + Tek. Audio-Video) SMP/SMK, Tek. Komputer & Jaringan SMP/SMK
55 Oktober – 14 Oktober 2013Guru Kelas TK, Guru Kelas SD, Pemasaran SMK, Bahasa Inggris SMP, Bimb. Konseling SMP, Kimia SMK, Teknik Kimia (Kimia Analisis + Kimia Industri) SMK, Penjaskes SMP, Tek. Mesin (Tek. Pemesinan + Tek. Pengelasan + Tek. Pemeliharaan Mekanik Mesin) SMK, Tek. Kendaraan Ringan SMK, TIK SMP
616 Oktober – 25 Oktober 2013Guru Kelas TK, Guru Kelas SD, Pemasaran SMK, IPS SMP, Bahasa Indonesia SMA/SMK, Bahasa Inggris SMP, Bimb. Konseling SMP, Penjaskes SMA/SMK, Tek. Kendaraan Ringan SMK, Tek. Instalasi Tenaga Listrik SMK, Seni Budaya SMA/SMK
726 Oktober – 4 Nopember 2013Guru Kelas TK, Guru Kelas SD, IPS SMP/SMK, Bahasa Inggris SMA/SMK, IPA SMP, Tek. Mesin (Tek. Pemesinan + Tek. Pengelasan + Tek. Pemeliharaan Mekanik Mesin) SMK, Tek. Otomotif (Tek. Kendaraan Ringan + Tek. Sepeda Motor) SMK
86 Nopember – 15 Nopember 2013Guru Kelas TK, Guru Kelas SD, Bahasa Inggris SMK, Bimb & Konseling SMA, IPA SMP/SMK
916 Nopember – 25 Nopember 2013Guru Kelas TK, Guru Kelas SD, Bahasa Inggris SMK, Bimb & Konseling SMK, Tata Boga SMP/SMA/SMK, Tata Busana SMP/SMK

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan PLPG, seperti yang disampaikan oleh Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 115 Universitas Negeri Malang melalui website resminya adalah sebagai berikut:
  1. Daftar peserta dan lokasi masing-masing peserta akan kami umumkan 7 sampai 10 hari sebelum pelaksanaan tahapan (melalui surat kepada Dinas Pendidikan dan juga di-posting di situs web ini). Kami memang tidak menayangkan nama peserta secara lengkap 9 tahap karena bisa jadi perubahan (misal karena ada yang sakit sehingga mundur, karena ada keperluan sehingga tahapnya berubah, atau perubahan lain yang mendadak). Ini bisa menimbulkan terlalu banyak ralat atau surat susulan yang justru membingungkan peserta. Harap tidak menanyakan daftar nama untuk tahap yang akan datang, atau menanyakan namanya ada di tahap berapa.
  2. Apabila ada yang berhalangan, harap segera memberitahukan melalui surat/tertulis kepada kami dengan diketahui Kepala Sekolah atau Dinas Pendidikan dan dilampiri bukti yang mendukung. Tanpa surat berarti kami anggap mundur dan tidak akan dipanggil lagi. Surat bisa dikirimkan melalui pos atau dikirim melalui faximile (alamat dan nomornya ada di ujung kanan atas halaman ini). Usahakan sebelum ada panggilan sudah memberitahukan kepada kami agar tidak terjadi hal yang merugikan (misalnya mapel itu sudah tidak diadakan lagi sehingga terpaksa harus ikut tahun berikutnya).
  3. 3. Pengelompokan peserta didasarkan pada hasil UKG, dimulai dari nilai UKG yang lebih rendah ke lebih tinggi. Dengan demikian tidak bisa diprediksi berapa orang dari kabupaten X pada setiap tahap. Penentuan peserta tidak berdasar pada usia, status PNS/bukan, sekolah negeri/swasta, atau kecamatan asal.
  4. Pada setiap tahap, ada undangan kepada Dinas Pendidikan setempat yang juga mencantumkan persyaratan yang harus dibawa. Harap membaca persyaratan yang harus dibawa agar tidak menyulitkan pada saat pelaksanaan PLPG. Filenya bisa didownload dari situs ini juga.
  5. Ada peserta dari wilayah PSG 115 yang dialihkan ke PSG lain. Pengalihan ini adalah dari BPSDMP-PMP, bukan kami yang menentukan. Selanjutnya adalah tanggungjawab PSG yang bersangkutan untuk mengundangnya dan seterusnya sampai pencetakan sertifikat.
  6. Lain-lain menyusul (kalau ada pertanyaan yang penting untuk diketahui bersama).

Sementara itu, Dinas Pendidikan yang berada di luar wilayah kerja PSG Rayon 115 Universitas Negeri Malang, telah disampaikan surat pemberitahuan mengenai pemberkasan peserta PLPG dari wilayah yang mengikuti PLPG di Universitas Negeri Malang. Berkas sudah harus diterima paling lambat tanggal 19 Agustus 2013 di PSG Rayon 115 Universitas Negeri Malang. Surat Pemberitahuan berisi tentang Ketentuan Teknis Pemberkasan dan Jadwal Pengiriman Berkas Peserta Sertifikasi Guru 2013 Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan masing-masing Kabupaten/Kota:
  • Jawa Tengah dan DIY, terdiri dari 24 Kabupaten/Kota, yaitu: Kab. Blora, Kab. Boyolali, Kab. Brebes, Kab. Cilacap, Kab. Grobogan, Kab. Jepara, Kab. Karanganyar, Kab. Kebumen, Kab. Kendal, Kab. Klaten, Kab. Kudus, Kab. Kulonprogo, Kab. Magelang, Kab. Pati, Kab. Pemalang, Kab. Sleman, Kab. Sukoharjo, Kab. Tegal, Kab. Wonogiri, Kota Magelang, Kota Pekalongan, Kota Surakarta, Kota Tegal, dan Kota Yogyakarta.
  • NTB dan NTT, terdiri dari 21 Kabupaten/Kota, yaitu: Kab. Bangkalan, Kab. Banyuwangi, Kab. Blitar, Kab. Bondowoso, Kab. Gresik, Kab. Jember, Kab. Jombang, Kab. Kediri, Kab. Lamongan, Kab. Lumajang, Kab. Malang, Kab. Mojokerto, Kab. Nganjuk, Kab. Probolinggo, Kab. Sidoarjo, Kab. Situbondo, Kab. Sumenep, Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Probolinggo, dan Kota Surabaya.
  • Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, terdiri dari 10 Kabupaten/Kota, yaitu: Kab. Belu, Kab. Bima, Kab. Dompu, Kab. Kupang, Kab. Lembata, Kab. Sikka, Kab. Sumba Timur, Kota Bima, Kota Kupang, dan Kota Mataram.
  • Jawa Timur (selain kota di wilayah kerja PSG 115 UM), terdiri dari 24 Kabupaten/Kota, yaitu: Kab. Bulukumba, Kab. Enrekang, Kab. Gowa, Kab. Jeneponto, Kab. Kepulauan Sangihe, Kab. Luwu, Kab. Luwu Timur, Kab. Luwu Utara, Kab. Minahasa, Kab. Minahasa Selatan, Kab. Pangkajene Kepulauan, Kab. Polewali, Kab. Sidenreng Rappang, Kab. Sinjai, Kota Makasar, Kota Palopo, Kota Pare Pare, dan Kota Tomohon.

loading...

Informasi lain yang kami bagikan :

0 komentar: