Cara Cek Status SK Tunjangan Profesi Guru di P2TK Dikdas Terbaru


Tunjangan Profesi, Tunjangan Fungsional, Tunjangan Khusus, dan Bantuan Kualifikasi Akademik adalah penghasilan tambahan yang sangat diharapkan para guru. Banyak guru yang menunggu cairnya Tunjangan Profesi dan masuk ke rekening masing-masing. Tunjangan profesi disalurkan kepada rekening guru yang memenuhi persyaratan antara tanggal 9 – 16 setiap triwulan (9 – 16 April 2013 untuk triwulan I, 9 – 16 Juli 2013 untuk triwulan II, 9 – 16 Oktober 2013 untuk triwulan III, dan 9 – 16 Desember 2013 untuk triwulan IV). Sebelum tunjangan profesi guru dicairkan, persyaratannya adalah sebelumnya telah diterbitkan SKTP untuk satu tahun berjalan.

Dalam berbagai kasus ada guru yang seharusnya sudah menerima tunjangan profesi ini namun tertunda akibat dari beberapa data yang tidak lengkap. Seharusnya guru men-cek kelengkapan data mereka secara online di website Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK) Pendidikan Dasar (Pendas), untuk melakukan pengecekan apakah SK sudah cetak apa belum.

Cara Cek Status SK Tunjangan Profesi Guru di P2TK Dikdas
  • Kunjungi: Web P2TK atau di Disini, maka akan muncul halaman seperti di bawah ini:

Cara Cek Status SK Tunjangan Profesi Guru di P2TK Dikdas Terbaru

  • Pada bagian kiri halaman, ada menu Jenis Tunjangan yang dapat dipilih. Ada 4 jenis tunjangan yang dapat dipilih (Tunjangan Profesi, Tunjangan Fungsional, Tunjangan Khusus, dan Bantuan Kualifikasi Akademik). Pilih “Tunjangan Profesi”.
  • Pada bagian kanan halaman, terdapat menu Info SK berupa login box (kotak login – masuk). Di kotak tersebut anda masukan NUPTK dan password. Pastikan NUPTK yang anda masukkan benar dan 16 digit tanpa spasi. Untuk Password masukkan tanggal lahir anda dengan format: (tahun-bulan-tanggal/YYYYMMDD), contoh: jika tanggal lahir Anda 01-07-1970 maka isi seperti ini : 19700701. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut!

Cara Cek Status SK Tunjangan Profesi Guru di P2TK Dikdas Terbaru

  • Kemudian klik login dan tunggu beberapa saat. Jika berhsil login akan muncul data guru dan status SK Tunjangan Fungsional dan PTK tersebut terbit SK Tunjangan Profesi/Tunjangan Fungsionalnya. Lihat tampilan halaman berikut!

Cara Cek Status SK Tunjangan Profesi Guru di P2TK Dikdas Terbaru

  • Data Guru Pada Dapodik, dengan data rinci: NUPTK, NIP, Nama, Tanggal Lahir, Tempat Tugas, Kabupaten, dan Provinsi.
  • Tunjangan Profesi, dengan data rinci:Status SK, Tanggal Terbit SK, Nomor SK, Nama pada SK, NRG, Nomor Peserta Sertifikasi, Golongan, Masa Kerja, Tempat Tugas, Kabupaten, Provinsi, Bank Penerima,Cabang Bank, dan Nomor Rekening.
  • Persyaratan Pencairan di Bank. Persyaratan yang harus dibawa guru ke Bank. Selain mengisi formulir, guru juga diminta untuk membawa dokumen persyaratan (Jika rekening sudah aktif dan guru sudah memegang buku rekening dimaksud, abaikan persyaratan tersebut)
  1. Umum: Foto Copy KTP Foto Copy Kartu NUPTK/NRG (jika ada) Surat keterangan dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan merupakan guru di sekolah tersebut dan dicantumkan NUPTK, NRG, Nomor Peserta dan alamat sesuai KTP
  2. Syarat Khusus: Apabila terjadi perbedaan NUPTK, guru yang bersangkutan harus membawa fotocopy Sertifikat Pendidik atau SK Tunjangan Profesi pada tahun Anggaran 2013 Apabila terjadi perbedaan nama antara KTP dengan SK dan nama di rekening, guru yang bersangkutan harus membawa surat keterangan dari kepala sekolah yang menerangkan perbedaan tersebut 
  3. Guru Mutasi: Dokumen pada persyaratan umum ditambah dengan : Copy Surat Keputusan mutasi bagi PNS Surat Keterangan mutasi dari Yayasan/Komite/Kepala Sekolah bagi guru bukan PNS
loading...

Informasi lain yang kami bagikan :

0 komentar: