Cara Melihat Nomor Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2012


Posting kali ini merupakan update dari posting sebelumnnya yang berjudul Daftar Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2012 di Seluruh Indonesia. Kini saya ingin berbagai informasi Cara Melihat Nomor Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2012. Sengaja topik ini diangkat kembali mengingat adanya beberapa teman yang menanyakan tentang Infomasi Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2012 kepada saya, baik yang bertanya secara online maupun ofline. Infomasi Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2012 yang semula website resminya beralamat di www.sergur.pusbangprodik.org, kemudian berubah alamat ke sergur.kemdiknas.go.id. Walaupun alamat url website tersebut sedikit berbeda, namun isinya tetap sama.

Perekrutan Calon Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2012 ini terdapat perbedaan dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2012 semua guru yang akan mengikuti sertifikasi dapat mengikuti semua proses dan tahap penjaringan Calon Peserta Sertifikasi Guru secara transparan melalui website resminya http://sergur.kemdiknas.go.id. Guru diminta melengkapi berkas A0 dan jika memenuhi syarat yang ditentukan diminta lagi melengkapi berkas A1. Penyeleksian Calon Peserta dilakukan oleh Dinas Kabupaten/Kota dan LPMP. Beberapa waktu yang lalu, peserta yang memenuhi syarat untuk mengikuti Sertifikasi Guru Tahun 2012 ini telah dikeluarkan Nomor Pesertanya. Bagaimana Cara Melihat Nomor Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2012?

Ada dua cara untuk melihat Nomor Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2012, yaitu berdasarkan Kriteria (pilihan Provinsi dan Kabupaten/Kota) serta yang satu lagi berdasarkan Pencarian NUPTK. Untuk lebih jelasnya, berikut diuraikan kedua cara tersebut!

Lihat Peserta Sertifikasi Guru Berdasarkan Kriteria

Bila anda melihat Peserta Sertifikasi Guru Berdasarkan Kriteria akan menampilkan semua peserta secara rangking pada Kabupaten/Kota yang anda pilih. Daftar perserta diurut berdasarkan: Nomor Urut, NUPTK, Nama Peserta, Nomor Peserta, Bidang Studi Sertifikasi, Pola Sertifikasi, Sekolah/Instansi, Usia (tahun/bulan), Masa Kerja (tahun/bulan), dan Golongan. Cara melihat Peserta Sertifikasi Guru Berdasarkan Kriteria ini sudah saya jelaskan pada posting sebelumya yang berjudul Daftar Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2012 di Seluruh Indonesia. Silahkan anda baca posting tersebut! Atau ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi http://sergur.kemdiknas.go.id
  2. Klik Kriteria pada menu yang terdapat pada kanan atas
  3. Pilih kriteria Provinsi yang anda inginkan dan tunggu beberapa saat
  4. Pilih kriteria Kabupaten/Kota yang anda inginkan dan tunggu beberapa saat
  5. Lihat Peserta yang anda cari, dan jika belum ketemu pilih Laman pada urutan nomor laman tersedia
  6. Silahkan tekan Ctrl + P jika anda ingin mencetaknya
  7. Selesai

Lihat Peserta Sertifikasi Guru Berdasarkan Pencarian NUPTK

Berbeda dengan cara pertama, melihat Peserta Sertifikasi Guru Berdasarkan Pencarian NUPTK akan menampilkan data lengkap guru dari NUPTK yang anda masukkan. Data Peserta yang ditampilkan diurut berdasarkan: Nama, NUPTK, NIP, Golongan, Masa Kerja, Jenis Kelamin, Tempat Lahir, Usia, Tingkat Pendidikan, Jenjang Tempat Tugas, Tugas Tambahan, Sekolah, Alamat Sekolah, dan NSS. Cara melihatnya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi http://sergur.kemdiknas.go.id
  2. Klik Pencarian pada menu yang terdapat pada kanan atas
  3. Masukkan NUPTK yang ingin anda cari datanya. Ingat! NUPTK terdiri dari 16 digit tanpa titik dan spasi
  4. Selanjutnya klik Tanda Pencarian yang terdapat di sebelah kolom NUPTK dan tunggu beberapa saat
  5. Lihat detail Data peserta yang ditampilkan (bagian kiri), dan lihat Status Peserta sampai batas akhir proses penetapan peserta dan Nomor Peserta (bagian kanan)
  6. Silahkan tekan Ctrl + P jika anda ingin mencetaknya
  7. Selesai

Demikianlah Cara Melihat Nomor Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2012 di website resmi Informasi Peserta Sertifikasi Guru tahun 2012. Semoga uraian singkat yang saya sajikan dapat membantu anda yang mengalami kesulitan dalam melihat status anda yang mengikuti sertifikasi pada tahun 2012 ini. Salam.
loading...

Informasi lain yang kami bagikan :

0 komentar: