Situs Untuk Melacak Copy Paste Artikel Blog


Menulis ... dan menulis, itulah kegiatan seorang blogger. Mereka menulis berdasarkan data, fakta, eksprerimen, dan sebagainya sehingga menjadi sebuah karangan atau artikel. Artikel yang baik adalah karya yang lahir dari ungkapan sendiri (orisinil) dan bukan karangan hasil dari menciplak atau copy paste. Namun apa yang terjadi pada saat ingin menulis, tetapi ide untuk menulis topik tertentu tidak muncul? Pada saat itulah timbul keinginan seseorang untuk menciplak hasil karya orang lain yang biasa disebut plagiat.

Berdasarkan pengamatan saya, bahwa artikel yang telah dimuat di sebuah blog sering dicopy paste oleh seseorang untuk dimuat juga di blognya, dan hal ini sangat sulit di hindari mengingat dengan kemudahan fasilitas copy paste itu sendiri. Apakah tindakan ini dibolehkan? Saya sendiri belum memahami betul etika copy paste artikel blog ini. Akan tetapi kalau boleh saya berpendapat, mengcopy isi artikel blog orang lain untuk dimuat juga di blog milik kita sepertinya sah-sah saja, asal menyertakan link atau sumber artikel tersebut. Suatu hal yang sangat dilarang adalah mengatasnamakan artikel orang lain sebagai artikel ciptaan sendiri (anda dibolehkan untuk mengcopy artikel diblog ini, asal tidak lupa mencantumkan sumbernya dari Jamaris Melayu. Apakah anda juga membolehkan orang lain mengcopy isi artikel blog anda? Bagaimanakah anda mengetahui siapa yang telah mengcopy isi artikel blog anda?

Ada cara yang dapat dilakukan untuk melacak orang yang mengcopy isi artikel blog anda, yaitu sebuah situs yang cukup terkenal (menurut saya). Nama situs tersebut adalah:

Situs Untuk Melacak Copy Paste Artikel Blog

Untuk melakukannya sangat mudah dan tidak perlu mendaftar. Kunjungi situs tersebut. Kemudian akan muncul laman seperti gambar diatas.

Untuk melacak orang yang mengcopy isi blog anda secara keseluruhan, masukkan url blog anda, dan untuk melacak orang yang mengcopy artikel atau postingan tertentu yang dimasukkan adalah link dari judul postingan anda, serta selanjutnya tekan GO.

Dengan demikian, dalam beberapa saat akan ketahuan orang yang telah mengcopy isi blog anda yang dapat dilihat melalui link blog mereka. Berdasarkan pengalaman, versi gratis ini tidak bisa mengetahui semua orang yang mengcopy isi atau artikel sebuah blog. Walaupun demikian kehebatan situs ini lumayan bagus untuk melakukan intip-mengintip. Untuk membuktikan kehebat situs ini, silahkan segera kunjungi www.copyscape.com

Demikianlah, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Selamat bekerja.
loading...

Informasi lain yang kami bagikan :

0 komentar: