Download Gratis Kamus Besar Bahasa Indonesia – KBBI Offline Versi Terbaru


Kamus Besar Bahasa Indonesia disingkat KBBI merupakan sebuah program gratis (freeware) yang dapat dipergunakan untuk mencari arti atau definisi kata tertentu dalam bahasa Indonesia. Berbeda dengan kamus bahasa Indonesia yang biasa dikenal dalam bentuk buku tebal ribuan halaman, KBBI ini tersedia dalam bentuk freeware berukuran kecil namun isinya lengkap.

Program ini pertama kali dikembangkan dan dirilis oleh Ebta Setiawan. Berawal dari KBBI Offline Versi 1.0, kemudian disempurnakan menjadi KBBI Offline Versi 1.1, KBBI Offline Versi 1.2, dan sekarang telah dirilis versi terbarunya KBBI Offline Versi 1.3. Pada versi ini terdapat beberapa tambahan fitur serta perbaikan yang lebih sempurna dari versi sebelumnya.

Download Gratis Kamus Besar Bahasa Indonesia – KBBI Offline Versi Terbaru

Menurut pembuatnya, perbaikan dan penambahan fitur pada KBBI Offline Versi 1.3 ini adalah sebagai berikut:


  • Auto search, sekarang kita tidak perlu menekan tombol cari atau menekan enter, ketika menuliskan kata yang akan dicari, program ini akan otomatis melakukan pencarian, kecuali jika hanya 1 huruf hasilnya juga akan huruf tersebut.
  • Pencarian berdasar kriteria: sama, diawali, diakhiri, memuat. Silahkan dipilih kriteria pencarian yang diinginkan.
  • Informasi jumlah hasil pencarian.
  • Perbaikan beberapa kata dasar dan definisi yang ada tambahan angka.
  • Berbaikan pemilihan kata yang sebelumnya bisa memilih banyak.
  • Perbaikan beberapa kesalahan pewarnaan definisi.
  • KBBI Offline akan otomatis menyimpan ukuran dan posisi tampilan/window.
  • Proses pencarian lebih cepat dari sebelumnya.
  • Menampilkan hasil dalam sistem Paging, sehingga pencarian yang hasilnya banyak akan lebih cepat.


KBBI Offline ini sengaja dibuat dalam bentuk portable untuk mempermudah dalam penggunaannya sehingga tidak perlu diinstal. Berikut langkah-langkah menjalankannya:

  1. Download KBBI Offline 1.3
  2. Buka file dengan program kompressi seperti Winzip, WinRar, 7zip dan sebagainya.
  3. Keluarkan (extract) semua file yang ada didalamnya. Ada 3 buah file, kbbi.exe, data.dat, dan kbbi_config.ini. Untuk menggunakan, jalankan saja file kbbi.exe.
  4. KBBI Offline anda siap untuk digunakan

Selanjutnya untuk membatasi hasil yang tampil, KBBI Offline 1.3 menambahkan fitur Paging, yaitu yang ditampilkan dibagi-bagi menjadi beberapa halaman. Pengaturan bawaan, jumlah paging ini 200, jika ingin mengubah, silahkan diedit file kbbi_config.ini dengan Notepad dan ganti nilai Paging=200 dengan isian yang kita inginkan, misalnya Paging=500 untuk menampilkan per 500 kata.

Anda tertarik menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Offline versi 1.3 atau versi 1.4 ini di komputer atau laptop anda? Silahkan download secara gratis melalui lokasi download berikut:


Sumber : ebsoft.web.id
loading...

Informasi lain yang kami bagikan :

0 komentar: