Pentingnya Arti Sebuah logo Bagi Blog atau Website


Logo adalah sebuah symbol yang mangandung banyak arti dan philosofi. Logo menjadi sebuah pengakuan, kebanggan, inspirasi kepercayaan, kehormatan, kesuksesan, loyalitas dan keunggulan yang tersirat ke dalam suatu bentuk atau gambar.

Saat ini sebuah logo yang dibuat oleh seorang desainer masih dianggap rendah dan tidak berharga, mereka belum bisa menghargai kreasi, pemikiran dan desain yang dibuat oleh desainer indonesia dan menganggap membuat logo itu adalah sebuah pengeluaran yang tidak penting bagi perusahaan atau instansi, pada dasarnya logo menjadi sebuah nilai investasi yang sangat berharga dan sangat mahal jika dinilai dengan uang. Orang belum memahami pentingnya sebuah logo yang baik dan berharga untuk sebuah misi suatu instansi atau perusahaan.Satu poin penting yang ingin saya sampaikan adalah, berusahalan untuk menghargai hasil karya Indonesia asli buatan Indonesia.

Logo merupakan bagian yang penting untuk menunjukkan keberadaan sesuatu. Sebagai media tertua dalam penyampaian identitas, logo diyakini memberikan efek pengakuan tertentu kepada setiap orang yang melihat atau memakai. Di era sekarang, banyak sekali perusahaan, organisasi, akademik, LSM, etc yang menggunakan logo sebagai simbol keberadaan. Yang menjadi pertanyaan adalah seberapa pentingkah pengaruh logo pada keberadaan suatu website. Apakah website yang berdiri bebas seperti blog pribadi misalnya juga membutuhkan logo untuk media komunikasi? bagaimana logo yang baik pada suatu website? Logo tentu memberikan simbol tentang sesuatu yang hendak ditunjukkan kepada orang banyak. Website sebagai media informasi di internet seharusnya menggunakan logo untuk memberikan trademark dan sisi unik sehingga mudah diingat oleh pengunjung. Tidak memandang bentuk website yang berupa e-commerce, edukasi bahkan blog pribadi sekalipun, logo tetap harus ada. Bila website yang dibangun dikarenakan menunjukkan eksistensi suatu organisasi maka hal ini cukup lumrah. Yang akan saya bahas adalah website yang berdiri bebas, tidak memiliki badan hukum atau organisasi/komunitas. Blog pribadi merupakan contoh yang paling mudah.

Logo pada blog merupakan suatu pelengkap. Lalu bagaimana fungsi logo tersebut? Bila anda mencoba memasuki suatu blog yang dulu pernah anda akses dengan alamat yang panjang sedangkan anda lupa untuk me-bookmark-nya, logo berperanan disini. Logo akan memberikan identitas kepastian terhadap situs yang pernah diakses sebelumnya. Jadi setelah user masuk ke dalam situs anda, tentu dia dapat memastikan bahwa situs yang dituju sudah benar karena teringat pada logo website tersebut. Setelah kita memahami pentingnya kehadiran logo pada suatu situs, tentu yang dipikirkan selanjutnya adalah bagaimana membuat logo tersebut berfungsi maksimal pada website kita. Pertama-tama tentu desain logo itu sendiri. Ada baiknya dalam mendesain logo, memperhatikan nilai-nilai estetika suatu logo. Teknik mendesain suatu logo tentu sudah banyak beredar di Internet. Namun, agar dapat memberikan gambaran mengenai fisik logo, saya akan menjelaskan beberapa hal. Dalam mendesain logo pada suatu website harus disesuaikan dengan content pada situs itu sendiri. Hal ini dikarenakan logo berfungsi sebagai cermin suatu website dan website tersebut identik dengan content.

Bila content website anda berbau bisnis, tentunya logo yang diciptakan juga memiliki aspek filosofis tentang bisnis. Sungguh aneh ketika ada situs tentang kehidupan anak muda yang energik sementara logo yang digunakan adalah simbol petani. Maka dari itu, penanaman filosofi tentu penting sekali sebelum logo mulai digambar. Warna juga memberikan arti tersendiri. Warna pada logo di-usahakan perwakilan warna paling dominan dalam suatu situs. Bagaimana bila situs perjodohan dengan warna dominan biru memakai logo berwarna merah? Tentu akan merusak image website itu sendiri. Image Building ternyata juga dapat terlihat pada logo suatu situs. Bila kita menggunakan logo bergambar hati tentu akan memperkuat image situs yang memiliki content tentang romantisme kehidupan. Perlu diingat, image website dapat terlihat pada penggunaan logo yang tepat pada situs. Nah, dalam mendesain logo blog ini, saya memakai gambar wajah saya sendiri. Kenapa? karena secara filosofi situs ini dibuat dengan dasar semua pikiran, masalah, solusi dan skill yang saya punyai diberikan kepada semua orang. Dan yang terpenting adalah saya memberikannya dengan metode saya sendiri.

Mengenai penempatan logo agar fungsinya menjadi optimal tentu harus memperhatikan desain dari website itu sendiri. Penempatan logo seperti pada Blogger dan Yahoo menjadi suatu contoh pemanfaatan space website dengan logo yang optimal. Jadi penempatan logo lebih baik memperhatikan struktur dari website itu sendiri. Tempat-tempat strategis adalah pojok kanan atas.

Demikianlah pentingnya arti sebuah Logo bagi blog atau website. Semoga bermanfaat. Terima kasih.
loading...

Informasi lain yang kami bagikan :

0 komentar: